Sekdaprov Jatim Adhy Karyono usai membuka Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jatim 2022 (Foto: IN/tudji)

INFOnews.id | Surabaya - Optimis Pariwisata Jawa Timur Bangkit, dan menyambut tatanan kehidupan baru dengan era Society 5.0. Serta menciptakan masyarakat yang berbasis pada kemajuan informasi dan teknologi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur menggelar Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur tahun 2022, Sabtu (3/11/2022), malam.

Acara yang digelar mulai 3 hingga 6 Nopember 2022, di Grand City Convention dan Exhibition Surabaya ini, selain dibanjiri peserta dan pendukungnya, juga turut dihadiri Sekdaprov mewakili Gubernur Jatim Khofifah dan Forkopimda.

"Acara pemilihan Raka Raki tahun ini adalah yang ke 27, dan diikuti peserta dari kabupaten/kota se-Jatim. Mereka adalah generasi muda yang merupakan aset, diantaranya untuk pengembangan pariwisata Jawa Timur," kata Sinarto, dalam sambutannya.

Disampaikan, saat ini Indonesia sedang menuju ke tatanan kehidupan baru atau Society 5.0. Dalam menuju Era Society 5.0 menciptakan masyarakat yang berpusat pada manusia serta berbasis pada kemajuan informasi teknologi.

Menghadapi era 5.0 yang segera hadir ini, diperlukan kontribusi atau hadirnya generasi muda sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkulitas dalam mengembangkan potensi. Mereka akan berperan dalam mengembalikan perekonomian pasca dilanda Pandemi Covid-19.

Salah satunya dengan cara mengoptimalkan semua sektor pariwisata sebagai sektor multisektoral.

"Sebagai upaya menggelorakan kembali kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi, partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat lokal menjadi hal yang penting. Salah satu komponen masyarakat yang dikenal luas dengan potensi kreativitasnya yang luar biasa serta memiliki konektivitas secara terbuka dengan dunia teknologi dan informasi adalah kalangan generasi milenial atau generasi Z," urainya.

Eksistensi generasi milenial atau generasi z di era digitalisasi bukan hanya dibidik sebagai pasar wisatawan potensial baik di skala mancanegara maupun lokal tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai kanal promosi yang efektif untuk mempromosikan daya tarik wisata yang “instagramable” berbasis digitalisasi.

Sekdaprov Jatim Adhy Karyono yang mewakili Gubernur Jatim Khofifah menyebut, gelaran Raka Raki sejalan dengan optimisme Jatim Bangkit, termasuk kebangkitan pariwisata Indonesia. Atas nama Pemprov Jatim dan pesan Gubernur Khofifah, disampaikan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur yang menggelar Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur tahun 2022.

"Menyampaikan pesan Ibu Gubernur Khofifah dan Pemprov Jatim, gelaran acara ini sangat baik. Ini seiring dengan semangat Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Optimis, Jatim Bangkit, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat," kata Adhy.

Untuk diketahui, Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur tahun 2022 diikuti oleh Duta Wisata dari 35 Kab/kota sejumlah 70 (tujuh puluh) orang peserta, dan 3 (tiga) Duta Wisata dari kab/kota yang belum dapat ikut berpartisipasi diantaranya : Kab. Sumenep Kab. Pacitan Kab. Bondowoso Adapun tahapan kegiatan Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur tahun 2022 adalah sebagai berikut : 1. Registrasi Peserta - Tgl 3 November 2022 - Pendaftaran peserta Duta Wisata Kab/kota Jatim pada Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2022 2.

Karantina Peserta Duta Wisata - Tgl 3 - 4 November 2022 - Karantina merupakan tahapan dalam pembentukan dan peningkatan wawasan personality dan karakter sebagai seorang Duta Wisata. Tahapan karantina menjadi titik point dalam seleksi penilaian 10 besar bagi para finalis Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2022.

3. Malam Grand Final - Tgl 5 November 2022 - Sebagai ajang penentuan pemenang Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2022, dengan kategori diantaranya : Raka Raki Jawa Timur 2022 Wakil I Raka Raki Jawa Timur Wakil II Raka Raki Jawa Timur Wakil III Raka Raki Jawa Timur Wakil IV Raka Raki Jawa Timur Raka Raki Berbakat Raka Raki Berbusana Terbaik Raka Raki Intelegensia Raka Raki Favorit Raka Raki Persahabatan

4. Penutupan - Tgl 6 November 2022 - Rangkain akhir dari kegiatan Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2022 dan melepaskan peserta Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2022 kembali ke kab/kota masing-masing. Kriteria penilaian Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2022 mencakup beberapa aspek diantaranya, Wawasan luas terkait isu budaya dan kepariwisataan global Communication skill Performance Kreativitas dan inovasi dalam pengembangan dibidang kepariwisataan Penyelenggaraan kegiatan Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur bertujuan untuk melibatkan peran aktif serta mewadahi kreatifitas dan pemikiran dinamis generasi muda Jawa Timur dalam pembangunan kepariwisataan dan kebudayaan daerah Jawa Timur.

"Harapan besar kami, dengan terpilihnya Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur tahun 2022 selama masa bhakti tugas, dapat diberdayakan secara optimal sebagai garda terdepan dalam promosi pariwisata Jawa Timur. Pasca pandemi Covid 19 menjadi tantangan besar bagi para duta wisata Raka Raki Jawa Timur 2022 untuk bergerak lebih cepat dalam memulihkan dan menstabilkan kembali perekonomian disektor pariwisata, dan untuk dapat bersaing dengan daerah tujuan wisata lainnya," terang Kadisbudpar Jatim, Sinarto.

Dengan pemikiran yang dinamis, komunikasi yang luwes dan interaktif, performance yang menarik, penguasaan dan pemanfaatan digitalisasi (media social), memiliki jejaring komunitas yang luas dan melakukan koloaborasi dengan instansi-instansi terkait dalam mempromosikan pariwisata Jawa Timur. Selain itu, Ajang Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur tahun 2022 menjadi Golden Tiket bagi para pemenang untuk meniti karir dan melangkahkan kaki ke ajang pemilihan di tingkat nasional maupun internasional. Optimis, Jatim Bangkit, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Pariwisata Jaya Luar Biasa. (inf/rls/red)

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru