Technikal Meeting jelang turnamen futsal antar pokja wartawan (Foto: IN/ist)

INFOnews.id | Surabaya - Komunitas Wartawan Ekonomi dan Bisnis (Kowabi) Kota Surabaya bakal menggelar turnamen futsal antar Kelompok Kerja (Pokja) wartawan se-Surabaya, plus Sidoarjo dan Gresik.

Turnamen yang berlabel Kowabi Fun Futsal itu akan dilaksanakan 28 Maret 2022 nanti bertempat di Gool Mangga Dua. Ada 8 tim peserta yang rencananya berlaga di turnamen yang menerapkan sistem setengah kompetisi ini.

"Kowabi Fun Futsal ini berkolaborasi dengan Seksi Wartawan Surabaya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim. Niatnya mempererat silaturahmi antar wartawan melalui olahraga. Perwakilan masing-masing kita undang ini untuk sosialisasi sekaligus menyepakati regulasi pertandingan," ungkap Ketua Panitia Ali Gonzales. 

Dia menuturkan Kowabi Fun Futsal merupakan even rutin dan kegiatan ini merupakan yang kedua. Melalui futsal, ia ingin terjalin silaturahmi antar wartawan, khususnya di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. 

Berangkat dari niat silaturahmi itu, Ali menegaskan konsep yang dibawa adalah keguyuban. Makanya, tagline yang diusung pun 'Keringetan Bareng, Ndrenges Bareng'.

"Kalah-menang urusan belakang. Yang penting bertemu dan kumpul bersama-sama antar wartawan dari lintas pokja, namun ada unsur olahraganya melalui futsal," terangnya.

Ketua Seksi Wartawan Surabaya PWI Jatim, Maulana berharap even ini bisa menjadi ajang silaturahminya wartawan. Menurutnya, umumnya wartawan sering bertemu dengan wartawan lain di pos atau pokja yang sama.

"Dengan futsal, wartawan lintas pokja akan saling bertemu. Ini akan menjadi ajang silaturahmi, saling bertemu, dan guyub rukun," ungkapnya.

Maulana juga menyatakan, melalui Kowabi Fun Futsal ini, sekaligus sebagai sosialisasi ke insan pers atau awak media, bahwa PWI Jatim sekarang memiliki divisi baru, yakni Seksi Wartawan Surabaya.

"Di Seksi Wartawan Surabaya PWI Jatim ini juga ada bidang olahraganya, bisa disebut sebagai SIWO-nya Surabaya," lanjutnya. 

Turnamen futsal ini atau olahraga lain, ia berharap akan muncul wartawan-wartawan baru yang nantinya bisa terjaring mengikuti Pekan Wartawan Olahraga Nasional (Porwanas).

"Kegiatan semacam ini bisa dijadikan pembibitan atau ajang pencarian bakat wartawan yang memiliki skill khusus di cabor olahraga tertentu. Mereka yang bagus bisa diseleksi ikut Porwanas. Tapi niat utamanya tetap olahraga," jabar dia. 

Sementara itu, 8 tim yang akan berlaga di turnamen yang menerapkan sistem setengah kompetisi ini adalah 6 Pokja wartawan Surabaya. Yakni Pokja Pahlawan (Pemprov Jatim), Indrapura (DPRD Jatim), Potas (Pemkot Surabaya), Judes (DPRD Surabaya), Kompak (Kejaksaan dan Pengadilan) dan Kompor (olahraga). Dua tim peserta lain adalah gabungan wartawan dari Sidoarjo dan Gresik.

Di sisi lain, kegiatan 'Ngopi Bareng Ngudut Bareng' ini berlangsung gayeng. Masing-masing perwakilan tim saling mengutarakan pendapat namun diselingi guyon. Diharapkan dari turnamen ini terjalin silaturahmi dan kerukunan di antara pokja wartawan di wilayah Surabaya Raya. (*)

Editor : Redaksi

Berita Terbaru