Raih Penghargaan PROPER 2022 oleh Wapres RI (Foto: IN/ist)

INFOnews.id | Jakarta - PLN Nusantara Power (PLN NP) selaku subholding pembangkitan terbesar di Asia Tenggara mendapatkan kado penutup penghujung tahun yang manis. Sebanyak lima (5) Unit Pembangkit dari PLN NP dianugerahi penghargaan PROPER EMAS oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Kelima Unit Pembangkit tersebut adalah UP Paiton 1-2, UBJOM Paiton 9, UP Gresik, UBJOM Rembang, dan UBJOM Indramayu. Total 21 penghargaan PROPER 2022 dianugerahkan kepada PLN NP.

Selain 5 penghargaan PROPER Emas, PLN NP meraih 4 penghargaan PROPER Hijau dan 12 penghargaan PROPER Biru. PROPER Hijau disematkan kepada UP Muara Karang, UP Muara Tawar, UP Cirata, dan UBJOM Tanjung Awar-Awar.

Sedangkan PROPER Biru berhasil didapatkan oleh UBJOM Nii Tanasa dan PLMTG Kendari, UBJOM Pacitan, UP Brantas PLTA Wlingi, UP Brantas PLTA Sutami, UBJOM Tenayan, UBJOM Bangka, UBJOM Belitung, UBJOM Tidore, UBJOM Amurang, UBJOM Arun, UBJOM Bolok, UBJOM Tembilahan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc di Istana Wakil Presiden dan diterima oleh jajaran Direksi PLN NP.

PROPER merupakan penghargaan tertinggi dan terbaik yang diadakan oleh Kementerian Hidup dan Kehutanan (KLHK) setiap tahunnya untuk perusahaan yang peduli terhadap lingkungan.

Perusahaan dinilai yang secara konsisten menunjukkan keunggulan dalam pengelolaan lingkungan dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

Menteri KLHK, Siti Nurbaya turut mengucapkan selamat kepada seluruh penerima penghargaan PROPER.

“Terima kasih kepada seluruh perusahaan yang telah berupaya untuk menjadikan Indonesia lebih hijau. PROPER juga sekaligus indikator perusahaan dalam peningkatan kinerjanya dalam memberikan kontribusi terhadap kualitas lingkungan yang leih baik. Melalui PROPER, akan banyak muncul inovasi sosial dari perusahaan sehingga dapat menyelesaikan masalah sosial yang dihadapi masyarakat dengan cara yang lebih efsien,” ujarnya.

Pencapaian ini kian memperkuat komitmen PLN NP untuk memastikan keberlanjutan bisnis perusahaan dalam jangka panjang sejalan dengan penerapan Environment Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs).

Direktur Utama PLN NP, Ruly Firmanyah mengucapkan rasa syukur dan juga apresiasi kepada seluruh karyawan PLN NP yang telah bahu membahu memberikan kinerja terbaik unitnya untuk mendapatkan penghargaan PROPER.

“Pencapaian ini menandakan PLN NP telah berhasil menanamkan budaya pengelolaan lingkungan yang lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance) dalam proses bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Setiap programnya, kita pastikan memenuhi 4 (empat) kategori sustainability compass, baik dari segi lingkungan, sosial, ekonomi maupun wisata," jelas Ruly.

Dalam keikutsertaan pada program pemerintah ini, PLN NP tercatat sebagai perusahaan pembangkit listrik pertama yang meraih PROPER Emas di tahun 2017 melalui UP Paiton 1-2. Selanjutnya setiap tahunnya, PLN NP selalu berhasil dalam menaikan jumlah perolehan piala PROPERnya.

Hingga tahun 2022, PLN NP sudah mengoleksi 13 trofi PROPER Emas. Capaian PROPER Emas 2022 ini merupakan kali kelima UP Paiton 1-2 berhasil mendapatkan penghargaan PROPER Emas (2017, 2018, 2019, 2021, 2022).

UP Gresik juga berhasil mempertahankan PROPER Emas empat tahun berturut-turut (2019, 2020, 2021, 2022). Tahun 2022 ini merupakan tahun kedua UBJOM Rembang berhasil mempertahankan raihan PROPER Emas (2021, 2022).

Sedangkan bagi UBJOM Indramayu dan UBJOM Paiton 9, penghargaan PROPER Emas 2022 ini merupakan raihan PROPER pertamanya berkat konsistensinya dalam pengelolaan lingkungan dan pembinaan ekonomi masyarakat berwawasan lingkungan. (inf/rls/red)

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru