KPU Jatim

Kader DP3 Punya Peran Strategis Wujudkan Kualitas Partisipasi Pemilu 2024

INFOnews.id | Surabaya - Keberadaan dua puluh lima kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) yang dikukuhkan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) pada November 2021 lalu, diyakini punya peran strategis dalam pemilu.

Mereka berperan penting dalam mewujudkan kualitas partisipasi masyarakat pada Pemilu Tahun 2024. Itu disampaikan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat Gogot Cahyo Baskoro saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader DP3 Lanjutan Lokus Kelurahan Semolowaru, Kecamatan Kota Surabaya, di Grand Darmo Suite, Rabu (23/11/2022).

"Maka penting hari ini kita menyelenggarakan pembekalan lanjutan sebagai komitemen melahirkan kualitas pemilu secara subtansial" kata Gogot.

Sebab, apabila dalam konteks politik dan demokrasi di tingkatan desa sebagai unit terkecil dalam tatanan sosial sudah mandiri dan rasional, harapannya secara akumulatif memberikan dampak pada tingkatan sosial yang lebih besar.

Untuk itu, Ia berharap kepada suluruh kader selain menjadi agen-agen sosialisasi, menularkan informasi kepemiluan kepada keluarga dan komunitas. Juga dapat berpartisipasi menjadi penyelenggara Pemilu 2024.

"KPU Kota Surabaya telah membuka pendaftaran Badan Adhoc untuk PPK dan PPS. Dipersilahkan bagi kader untuk mendaftar sehingga terlibat sebagai penyelenggara," harap Gogot.

Dengan demikian, lanjut Gogot sengaja KPU Jatim mendesain bimtek dengan model pelatihan. Tujuannya agar kader dapat lebih aplikatif saat melakukan sosialisasi. "Kesempatan kali ini kader akan dibekali materi public speaking dan dinamika kelompok, sehingga mampu mempersuasif masyarakat secara masif dan mampu mendesain agenda sosialisasi lebih menarik," pungkasnya.

Selain dua materi yang diutarakan Gogot, para kader juga dibekali materi terkait tahapan penyelenggaran pemilu dan strategi memerangi hoax, SARA, dan politik uang. Masing-masing akan dibawakan oleh Narasumber, Kasubbag Partisipasi Masyarakat KPU Jatim Prahastiwi, Motivator Indonesia Budi Hariyono, Anggota KPU Kota Surabaya Subairi, dan Akademisi Ilmu Politik Unair Fahrul Muzakki.

Acara berlangsung selama kurang lebih delapan jam. Dan, peserta sangat antusias mengikuti forum. Semakin semarak dan interaktif, acara dipandu oleh Moderator Akbar Maulana dan Zakirin Manzila Nurilma. Turut hadir dalam bimtek, Danramil Sukolilo dan Lurah Semolowaru Suwarti.

Dari KPU Jatim hadir, seluruh staf Subbag Parmas. Untuk diketahui, acara yang sama juga diselenggarakan oleh KPU Jatim di Lokus Desa Bakung Peinggodani, Kecamatan Balong Bendo, Kabupaten Sidoarjo pada Selasa, 22 November 2022. (inf/rls/afn)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top