Renungan Suci di TMP Mayjend Sungkono Surabaya, memperingati Hari Pahlawan (Foto: IN/tudji)

INFOnews.id | Surabaya - Tengah malam, yang menjadi rangkaian Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2022, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wagub Emil dan Forkopimda Jatim menggelar renungan suci dan berkirim doa di Taman Makam Pahlawan (TMP) Mayjen Sungkono di Surabaya, Kamis (10/11/2022), dini hari.

Usai prosesi acara, Gubernur Khofifah menegaskan dan mengajak semua elemen masyarakat mengikuti jejak semangat perjuangan para pahlawan yang gugur memperjuangkan dan mewujudkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pagi ini, di Tugu Pahlawan (dilaksanakan upacara Hari Pahlawan), ini menjadi bagian dari penguatan untuk kita semuanya, memanggil memori kita semua, membangun komitmen kita semua sebagai sebuah bangsa. Bahwa bangsa ini berdiri tegak dengan berbagai kemajuan yang kita capai saat ini adalah berkat perjuangan yang luar biasa, pengorbanan yang luar biasa, dedikasi yang luar biasa dari para Pahlawan bangsa," urai Gubernur Khofifah.

Lanjut Khofifah, sudah selayaknya masyarakat juga mengikuti jejak keteladanan dan perjuangan para pahlawan dengan menjawab tantangan dunia dan tantangan Indonesia dan kondisi saat ini.

“Saya ingin mengajak kita menjadi pahlawan-pahlawan yang bisa menjawab tantangan, termasuk ancaman krisis pangan, ancaman krisis energi, ancaman krisis keuangan,” tegasnya.

Dengan turut menjawab berbagai tantangan, diikuti dengan solusi-solusi efektif, pada dasarnya juga menjadi pejuang dan pahlawan di sektor-sektor yang sekarang dibutuhkan, saat ini. Iya mengajak, masyarakat semua turut serta menjawab tantangan saat ini, dengan solusi efektif, yang dibutuhkan masyarakat dan bangsa.

Hadir di kegiatan suci itu, jajaran Forkopimda, Panglima Kodam V/ Brawijaya, Kapolda Jatim, Kejaksaan Tinggi, Pimpinan DPRD Jatim, Koarmada II dan lainnya. Hadir juga Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak; Sekda Prov Jatim Adhy Karyono; dan sejumlah pejabat OPD Prov Jatim. Juga unsur TNI, Polri dan juga Pramuka.

Selanjutnya, pukul 08.00 WIB, Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022, sebagai Inspektur Upacara Gubernur Jawa Timur, di Lapangan Tugu Pahlawan Surabaya.

Hari yang sama, di Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) digelar pembentangan Bendera Merah Putih terpanjang dan Minum Beras Kencur terbanyak, yang tercatat sebagai penerima Rekor MURI. (inf/tji/red)

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru