Tim Ekpedisi 77 akan kibarkan 77 bendera Merah Putih di puncak Gunung Arjuna (Foto: IN/tudji)

INFOnews.id | Surabaya - Di Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menggelar berbagai kegiatan Kali ini, Dinas Kehutanan Jatim melakukan penghijauan di Gunung Arjuna, Malang.

Melalui Tim Ekpedisi 77, penghijauan dilakukan dengan menanam pohon cemara, serta melakukan pembersihan sampah. Tim Ekpedisi 77 diberangkatkan Senin (15/8/2022) malam.

Mereka dilepas oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin siang. Selain penghijauan, Tim Ekpedisi 77 juga akan mengibarkan 77 bendera Merah Putih di puncak Gunung Arjuna.

“Ada dua kegiatan yang dilakukan tim ini. Di Gunung Arjuna, nengibarkan bendera Merah Putih dan melakukan penghijauan,” kata Khofifah.

Tim beranggotan berbagai elemen kepemudaan yang diharapkan bisa menginspirasi para generasi muda untuk teguh berjuang mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Merah Putih.

“Hal sangat luar biasa yang dilakukan adalah semangat Merah Putih, semangat mencintai negeri ini dengan cara masing-masing. Saudara ingin menyampaikan kepada dunia, bahwa saudara mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” urainya.

Khofifah berharap kegiatan penuh inspirasi itu bisa didokumentasikan dengan baik, tujuannya agar pesan kebangsaan yang diharapkan dapat sampai dengan utuh ke seluruh dunia.

“Agar pesan bahwa jangan pernah mengganggu Negara Kesatuan Republik Indonesia karena kita punya elemen-elemen pemuda yang punya semangat juang 45 yang ingin menjaga dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kehutanan Jatim, Jumadi, menyebut, pemilihan Gunung Arjuna sebagai lokasi kegiatan karena gunung tersebut merupakan salah satu cagar biosfer dunia. Selain itu, Gunung Arjuna merupakan satu dari lima gunung tertinggi di Pulau Jawa.

“Tujuan dari cagar biosfer adalah menggabungkan pelestarian keanekaragaman hayati dengan pemanfaatan sumber daya secara berkelanjutan, serta mempromosikan solusi lokal untuk memecahkan tantangan kemanusiaan yang dihadapi di wilayah tersebut,” jelasnya.

Ekspedisi 77 berlangsung selama dua hari, dimulai tepat di peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2022.

“Peserta berjumlah 77 orang ini semuanya sudah memiliki pengalaman sebagai pecinta alam. Kami yakin tidak ada masalah, cuaca sudah diperkirakan akan mendukung,” katanya. (inf/rls/red)

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru