Pariwisata UPN Jatim

Gelar FGD Optimalisasi Pariwisata di Kampung Adat Segunung Jombang

INFOnews.id | Jombang - Program Studi Pariwisata Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur dan pegiat pariwisata Kampung Adat Segunung menggelar focus group discussion (FGD) tentang optimalisasi Dusun Segunung menjadi desa wisata yang mandiri.

FGD tersebut diselenggarakan di Kampung Adat Segunung, Dusun Segunung, Kabupaten Jombang, Kamis (20/5/2022).

Dengan tema yang diangkat pada penyelenggaraan FGD tersebut, yaitu "Menuju Desa Wisata Mandiri Melalui Optimalisasi Sumberdaya Wisata Dusun Segunung" itu dihadiri oleh tim pengabdian masyarakat Prodi Pariwisata UPN Veteran Jawa Timur, yakni Garsione Agni Andrea, Joko Mijiarto, Made Bambang Adnyana, Sheidy Yudhiasta, Leily Suci Rahmatin, Fondina Gusriza, dan Alawi Muammar.

Turut hadir juga dalam FGD tersebut para pengelola Pariwisata Kampung Adat Segunung yang berasal dari Kesekretariatan, Pemandu Wisata, Pelaku UMKM, dan Pengelola Akomodasi.

Termasuk ketua RT dan RW yang juga ikut menyampaikan pandangan terkait pengembangan pariwisata Kampung Adat Segunung.

"Bahwa hasil diskusi dengan pengelola Kampung Adat Segunung, bahwa yang menjadi persoalan utama yang dihadapi mereka para pengelola, yakni terkait kelembagaan. Dan, kami sepakat untuk membantu merancang skema kelembagaan," ujar Garsione selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Pariwisata.

Faktanya, dari hasil diskusi dengan pengelola Kampung Adat Segunung, yang menjadi persoalan utama yang dihadapi oleh pengelola terkait dengan kelembagaan pariwisata.

"Kami sudah sepakati untuk membantu merancang skema kelembagaan berikut dengan tujuan pokok dan fungsi masing-masing divisi dalam kelembagaan tersebut," terang Garsione.

Kemudian, Ketua Sekretariat Kampung Adat Segunung, Syafii, menyampaikan sangat berterimakasih dengan dukungan dari tim pengabdian masyarakat prodi Pariwisata UPN Veteran Jawa Timur.

Terlebih, setelah hantaman Covid-19, kesekretariatan ingin Kampung Adat Segunung kembali bergerak dan terprogram secara maksimal, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada seluruh wisatawan yang akan datang berkunjung.

(Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Sheidy Yudhiasta - Dosen Program Studi Pariwisata UPN Veteran Jawa Timur)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top