Bentuk Citra Pariwisata Kelurahan Keputih

Mahasiswa KKNT Kelompok 61 UPN Veteran Jatim Gelar Penyuluhan

INFOnews.id | Surabaya - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Kelompok 61 UPN “Veteran” Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan penyuluhan sadar wisata di Kelurahan Keputih Surabaya.

"Penyuluhan dengan judul “Sinergi UMKM dan Pariwisata untuk Keputih Berjuta Cerita” merupakan program kerja Kelompok 61 yang mengambil skema utama desa wisata. Penyuluhan diselenggarakan pada hari Rabu, 13 April 2022 bertempat di Kantor Kelurahan Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya," urai Fondina.

Penyuluhan dibuka oleh Kepala Kelurahan Keputih, Itaqwati Oetami. Dalam sambutannya, Itaqwati menyampaikan bahwa Kelurahan Keputih mulai ramai dikunjungi wisatawan, dampak dari dibangunnya Taman Harmoni dan juga Hutan Bambu yang kemudian menjadi viral.

Itaqwati pun mengapresiasi kinerja Kelompok KKNT 61 dan berharap penyuluhan yang diinisiasi oleh kelompok tersebut dapat menjadi pintu pembuka sinergi antara daya tarik wisata di Kelurahan Keputih dan juga UMKM yang dapat membangkitkan perekonomian warga di Kelurahan Keputih.

Terlebih Itaqwati berharap, kelurahan Keputih akan semakin banyak dikunjungi wisatawan, dan warga Surabaya tidak lagi menganggap kelurahan Keputih hanya sebagai lokasi pembuangan sampah. Hadir sebagai narasumber, yaitu Sheidy Yudhiasta, yang merupakan dosen Program Studi Pariwisata UPN “Veteran” Jawa Timur.

Dalam paparannya, Sheidy menyampaikan bahwa daya tarik wisata yang berada di Kelurahan Keputih seperti Hutan Bambu, Taman Harmoni, dan Sentra Wisata Kuliner Deles dapat menjadi turning point pergerseran citra Keputih dari yang sebelumnya identik dengan tempat pembuangan sampah dan pemakaman menjadi kelurahan yang ramah wisatawan.

"Sehingga, ini diperlukan sinergi antar seluruh stakeholder pariwisata untuk mengubah citra Kelurahan Keputih tersebut," terangnya.

Kegiatan penyuluhan tersebut dihadiri oleh pegiat pariwisata dan juga pelaku UMKM di kelurahan Keputih. Beberapa pelaku UMKM bergerak dalam sektor kuliner, kriya, dan fashion.

Sementara, dalam sesi diskusi, pelaku UMKM menyatakan bahwa penyuluhan yang dilakukan oleh Kelompok KKNT 61 sangat bermanfaat dan juga warga dapat menyatakan kendala-kendala yang dihadapi dalam menjalankan bisnisnya, seperti kesulitan dalam foto produk.

Sehingga, pelatihan foto produk untuk pelaku UMKM kelurahan Keputih menjadi program kerja kelompok KKNT 61 sebagai tindak lanjut dari kegiatan penyuluhan ini.

Kegiatan KKNT merupakan bentuk pembelajaran di luar kampus yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur untuk hidup di tengah masyarakat di suatu daerah. Mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi potensi dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan meramu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Program KKNT ini berlangsung selama 1 semester dengan kegiatan di lapangan selama satu bulan. Kegiatan ini dimulai dari 21 Maret 2022 dan akan berakhir pada 31 Juni 2022. (Penulis: Fondina Gusriza)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top