Program Studi Pariwisata UPN Veteran Jawa Timur

Sosialisasi Standarisasi Homestay dan CHSE di Desa Kebangsaan Wonorejo

INFOnews.id | Surabaya - Program Studi Pariwisata Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN Veteran Jawa Timur melakukan kunjungan ke Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo pada tanggal 15 hingga 17 Maret 2022.

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari terjalinnya kerjasama antara FISIP UPN Veteran Jawa Timur dengan Desa Wonorejo pada bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang disepakati oleh kedua belah pihak pada 1 Oktober 2021 lalu.

Adapun tim Program Studi Pariwisata diwakili oleh dosen dan tenaga kependidikan, yakni, Joko Mijiarto, Fondina Gusriza, Made Bambang Adnyana, Sheidy Yudhiasta, Leily Suci Rahmatin, Garsione Agni Andrea, Cika Ayu Safitri, dan Puguh Andhi Setiawan.

Kepala Desa Wonorejo, Sumarto Adi, menyambut langsung tim dari Program Studi Pariwisata UPN Veteran Jawa Agenda utama pada kunjungan kali ini, yakni penyuluhan standarisasi homestay dan sosialisasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) kepada pelaku usaha penginapan/akomodasi di Desa Wonorejo.

Sebagaimana diketahui bahwa Wonorejo terletak bersebelahan dengan Taman Nasional Baluran, sehingga banyak wisatawan yang datang ke Wonorejo untuk mencari penginapan sebelum ke Taman Nasional Baluran.

Penginapan-penginapan yang ada di Wonorejo masih dikelola secara individu atau orang per orang. Sehingga penyuluhan yang dilaksanakan juga menyasar kepada individu pengelola penginapan.

Pelaku usaha homestay di desa Kebangsaan menyambut baik program sosialisasi yang diinisiasi oleh Program Studi Pariwisata tersebut. Hal tersebut dikarenakan kunjungan ke Desa Kebangsaan berangsur pulih imbas dari Taman Nasional Baluran yang kembali dibuka.

Masyarakat Wonorejo menyambut positif adanya kegiatan penyuluhan ini. Para peserta berharap dengan adanya program desa binaan ini, pariwisata Wonorejo tumbuh dan bangkit kembali setelah dihantam oleh pandemi COVID-19.

Desa Wonorejo juga berharap kegiatan penyuluhan tidak berhenti hanya sampai sosialisasi standarisasi homestay dan CHSE, namun juga penyuluhan dengan tema yang berbeda-beda.

Atas antusiasme ini, Program Studi Pariwisata berterima kasih banyak kepada warga dan pemerintah Desa Wonorejo. Program kerja selanjutnya yang akan menjadi tindak lanjut program desa binaan oleh Program Studi Pariwisata UPN Veteran Jawa Timur adalah pemetaan potensi pariwisata, perancangan paket wisata, perancangan strategi pemasaran, serta evaluasi rutin secara berkala untuk setiap program yang dilakukan. (Sheidy Yudhiasta)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top