Hedy memberikan paparan tata kelola destinasi pariwisata (Foto: IN/ist)

INFOnews.id | Situbondo - Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo menyelenggarakan kegiatan pelatihan tata kelola destinasi pariwisata (8/10).

Pelatihan tersebut diikuti oleh pengelola dan pelaku industri pariwisata.

“Pengembangan pariwisata merupakan salah program kerja unggulan kami. Pelatihan ini kami inisiasi supaya pelaku industri pariwisata di Kabupaten Situbondo semakin tergerak untuk meningkatkan daya saingnya," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo, Tutik Margiyanti, ST., M.Si. 

Pelatihan tata kelola destinasi pariwisata tersebut diselenggarakan selama 4 hari secara tatap muka di Hotel Rosali Situbondo. Selain pemaparan materi, peserta pelatihan juga melakukan kunjungan lapang di Ijen Geopark Bondowoso pada hari terakhir pelatihan. 

Kunjungan lapangan itu untuk mengetahui tata kelola, agar seluruh peserta diberikan arahan dan bimbingan terkait cara tata kelola destinasi wisata.

Sebagai pemateri pelatihan tata kelola, Dinas Pariwisata Situbondo mengundang Hedy Wahidin Saleh, SH., MBA., M.Si.Par., yang merupakan ketua Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (HILDIKTIPARI) Jawa Timur. 

Dalam paparannya, Hedy menyampaikan kegiatan pelatihan sangat diperlukan bagi seluruh pelaku industri pariwisata. Terlebih untuk segera beradaptasi di era kenormalan baru pasca pandemi Covid-19.

“Sektor pariwisata kan harus segera bangkit. Harus segera merancang strategi untuk penyesuaian diri. Dengan pelatihan tata kelola ini diharapkan seluruh stakeholders pariwisata daerah dapat terintegrasi peran dan fungsinya dalam menata dan mengelola potensi destinasi pariwisata yang memiliki daya saing dan daya jual. Sesegera mungkin dapat mencapai competitive advantage kembali ya," ucap Hedy. 

Selain tata kelola, pada pelatihan ini peserta juga dibekali pemahaman mengenai bisnis dan digital marketing. Diharapkan peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dan dapat mewujudkan peningkatan kapasitas dan profesionalisme destinasi wisata serta pelaku usaha pariwisata dalam pengelolaan kepariwisataan di Kabupaten Situbondo. (*)

Penulis : Sheidy Yudhiasta

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru